OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Sabtu, 25 Juni 2016

5 PERATURAN DASAR DALAM PERMAINAN TENIS LAPANGAN YANG HARUS ANDA TAHU

Olahraga Pedia – Tenis lapangan adalah salah permainan yang dimainkan menggunakan raket untuk memukul bola tenis.Mungkin anda para pemula mungkin agak sedikit kebingungan dalam bermain tenis lapangan.Setiap cabang olahraga apapun pasti ada aturan yang mengikatnya agar permainan bisa berjalan lancar dan tidak ada kecurangan.Dalam permainan tenis lapangan ada beberapa aturan dasar yang harus anda ketahui khusunya bagi anda para pemula.

Siapa yang membuat peraturan dalam permainan tenis lapangan ? Peraturan dibuat untuk mengatur jalannya pertandingan dan harus dipatuhi bagi seluruh pemain.Apabila anda melanggarnya tentu anda akan menerima hukuman.Peraturan dalam permainan tenis lapangan tentu yang membuat adalah federasi yang menaungi olahraga tenis diseluruh dunia yaitu ITF .Dibawah ini akan saya jelaskan beberapa peraturan dasar dala permainan tenis lapangan.

5 PERATURAN DASAR DALAM PERMAINAN TENIS LAPANGAN YANG HARUS ANDA TAHU
5 PERATURAN DASAR DALAM PERMAINAN TENIS LAPANGAN YANG HARUS ANDA TAHU

PERATURAN DASAR DALAM PERMAINAN TENIS LAPANGAN


#1.Raket dan Kostum

Dalam mengikuti pertandingan tenis lapangan anda tidak boleh menggunakan raket sembarangan,raket tenis lapangan sudah ada ukuran standartnya yaitu panjang 29 inchi (73,66mm) dan lebar 12,5 inchi (31,75 mm).Raket harus memiliki area pukul berupa senar yang rata.

Selain ukuran raket yang standart anda harus menggunakan kostum bermain tenis yang sudah ditentukan.Banyak sekali kostum tenis lapangan yang dijual dipasarana.Saya sarankan dalam membeli kostum pilih yang terbuat dari bahan yang mudah menyerap keringat.Selain itu anda juga harus menggunakan sepatu khusus tenis lapangan.Kenapa harus sepatu khusus ? Karena sepatu khusus sudah didesain untuk bermain tenis lapangan sekaligus akan membuat anda nyaman saat melakukan pergerakan dan dapat melindungi anda dari cidera.

#2.Lapangan Tenis Lapangan Standart

Untuk lapangan tenis lapangan harsu dalam kondisi rata.Tidak boleh ada yang bergelombang apalagi sampai berlubang hal itu pasti akan sangat menggangu para pemain.Untuk ukuran lapangan dan ukuran net sudah ada ukuran standartnya yang telah ditetapkan oleh ITF federasi yang menaungi olahraga tenis seluruh dunia. Untuk lebih jelasnya silahkan Baca : ( Ukuran Net dan Lapangan Tenis Lapangan Lengkap)

#3.Penentuan Tempat

Sebelum permainan dimulai biasanya dalam turnamen akan dilakukan penentuan siapa yang berhak melakukan service pertama atau dengan memilih sisi lapangan.Biasanya dilakukan berdasarkan undian menggunakan koin atau alat lain yang digunakan oleh wasit.Dan setiap awal pertandingan pemain akan selalu berada disisi sebelah kanan lapangan masing-masing.

#4.Melakukan Service

Pemain yang melakukan service pertama misalnya si A posisisnya harus berada dibelakang garis baseline ketika melakukan service.Service diarahkan diagonal kelapangan pemain penerima bola misalnya si B.Bola harus memantul satu kali sebelum dikembalikan oleh si B.Dalam permainan ganda,rekan penerima bola tidak boleh menyentuh bola service sebelum dipukul penerima misalnya pemain B.
Bola dinyatakan masuk apabila mampu melewati net dan tanpa memantul diarea sendiri dan bola dinyatakan keluar apabila jatuh diluar lapangan atau tidak menyentuh garis yang sudah ditetapkan.

#5.Perhitungan Skor

Pada umumnya untuk pertandingan International akan memainkan 3 set,walaupun tekadang dalam permainan ganda/tunggal putra memainkan 5 set.Dalam permainan 3 set , pemain atau tim yang meraih kemenangan 2 set terlebih dahulu akan menjadi pemenang.

Apabila skor mencapai 40-40 dinamakan deuce dalam istilah tenis lapangan.Pemain harus mememangkan 2 point lagi untuk memenangkan permainan.Pemain yang memasukkan bola ketika kedudukan masih deuce mendapatkan nilai unggul atau istilahnya ‘Ad’ atau ‘Advantage’.Namun jika pemain yang melakukan service yang memperoleh nilai disebut dengan ‘ad in’ dan jika penerima yang menerima point disebut dengan’ad out’.

Untuk memenangkan dalam satu set anda harus memenangkan 6 game dengan selisih 2 (terkecuali menggunakan tie break).Anda dapat memenagkan pertandingan dengan skor 6-4,6-3,6-2,6-1,6-0 tetapi tidak dengan 6-5.Jika skor nyampe 6-5 makan game tambahan akan dimainkan sampai salah satu pemain unggul 2 game dan skornya menjadi 7-5,8-6,10-8.

Dalam sistem Tie break digunakan untuk mencegah jumlah set yang terlalu banyak dan pada umumnya diguakan sistem 12 point.Jika game mencapai 6-6 pemain pertama harus meraih 7 point dengan selisih 2 point dengan lawan untuk memenangkan set dan akan berakhir dengan skor 7-6.

Dalam bermain tenis lapangan mengenal peraturan dasar memang sangatlah penting agar anda tidak bingung saat mengikuti pertandingan tenis lapangan.Semoga dengan adanya peraturan dasar diatas dapat menambah wawasan anda dalam permainan tenis lapangan.Semoga bermanfaat.Terima kasih.
Author Profile

About wahyu wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

0 Komentar 5 PERATURAN DASAR DALAM PERMAINAN TENIS LAPANGAN YANG HARUS ANDA TAHU

Posting Komentar

Back To Top