OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 24 Agustus 2016

12 Macam Peraturan Dalam Permainan Sepak Takraw

Olahraga Pedia – Sepak takraw memang salah satu cabang olahraga yang kurang peminatnya.Hal ini dikarenakan sulitnya dalam memainkan permainan sepak takraw.Diperlukan keahlian kaki dan kepala untuk dapat menguasai permainan tersebut.Sebagian orang memainkan olahraga ini hanya sebagai hobi namun ada juga yang serius dalam menukuni cabang olahraga ini dan menjadi atlit yang handal.Banyak diselenggarakan turnamen sepak takraw baik tingkat daerah,Nasional maupun International.Permainan ini juga ada aturannya lho guys,bagi anda para pemula harus mengetahui peraturan-peraturan yang ada dalam permainan sepak takraw.

Semua cabang olahraga pasti ada aturan yang mengikatnya.Tujuan dibuat aturan dalam permainan sepak takraw agar  tidak ada kecurangan dan bisa berjalan dengan lancar.Pada kesempatan kali ini Olahraga Pedia akan membahas tentang Peraturan Permainan Sepak Takraw.Perhatikan dibawah ini :

1.Peraturan Pertama (Lapangan)

*) Ukuran lapangan sepak takraw seukuran dengan lapangan badminton yaitu 13,40 x 6,10 m
*) Permainan ini bisa dilakukan outdoor maupun indoor (apabila dimainkan didalam ruangan maka tinggi loteng minimal 8 m dari lantai)
*) Isi lapangan ditandai dengan cet atau lakban yang lebarnya 4 cm dan area bebas minimal 3 m dari garis luar lapangan bebas dari rintangan.
*) Centre Cirle yaitu garis tengah lebarnya 2 cm dan Quarter circle (garis seperempat lingkaran di pojok garis tengah radius 90 cm di ukur dari garis sebelah dalam

Baca Juga : Ukuran Bola dan Lapangan Sepak Takraw 

2.Peraturan Kedua (Ukuran Tiang dan Jaring Net)

*) Putra : Tinggi net 1,55 di pinggir dan minimal 1,52 di bagian tengah dan untuk putri : tinggi net 1,4 m dipinggir dan minimal 1,42 m di bagian tengah

*) Kedudukan tiang 30 cm diluar garis pinggir

*) Net terbuat dari tali atau benang kuat atau nilon dimana tiap lubang lebarnya 6-8 cm dan net lebarnya 70 cm dengan panjang 6,10 m.

3.Peraturan Ketiga (Bola Takraw)

*) Terbuat dari plastik dimana awalnya terbuat dari rotan dengan ukuran lingkaran 42-44 cm untuk putra dan 43-45 cm untuk putri

*) Berat bola berkisar 170-180 gr untuk putra dan 150-160 untuk putri.

4.Peraturan Ke empat ( Para Pemain)

*) Permainan ini dimainkan oleh 2 regu,masing-masing regu terdiri dari 3 pemain dan setiap regu dilengkapi oleh 1 orang pemain cadangan.

 *) 1 dari tiga pemain berada pada posisi belakang yang disebut back atau “Tekong” yang bertugas sebagai penyepak mula untuk memulai permainan.*) 1 ari 3 pemain berada diposisi belakang yan

*) Dua orang berada didepan yang berada disebelah kiri tekong disebut ‘Apit kiri’ dan yang berada pada sebelah kanan tekong disebut ‘Apit kanan’

5.Peraturan ke Lima (Pakaian Pemain)

*) Semua pemain putra diharuskan memakai pakaian kaos seragam berlengan T-shirt dan memakai sepatu karet dan Putri diharuskan memakai kaos bundar leher serta celana sebatas lutut.

*) Pakaian yang pantas untuk pemain adalah yang menutupi badan dan pakaian yang dapat membantu kecepatan bola tidak diperbolehkan

*) Kapten Regu harus memakai band tangan disebelah kiri dan semua pemain harus memakai pakaian dengan nomor punggung yang tetap selama tournament.

*) Pada cuaca dingin pemain diperbolehkan memakai pakaian track suits

6.Peraturan ke Enam (Posisi pemain pada saat service)

*) Sebelum permainan dimulai kedua regu harus berada dilapangan masing-masing dalam posisi siap bermain
*) Dalam melakukan sepak mula salah satu dari kaki tekong berada dalam lingkaran service dan satu lagi diluar lingkaran untuk lakukan sepak mula.
*) Pemain apit ketika dilakukan service,harus berada dalam seperempat lingkaran dan lawan atau regu penerima service bebas bergerak  di dialam lapanga sendiri.

7.Peraturan ke Tujuh (Permulaan permainan dan sepak mula)

*) Regu yang memilih sepak mula pada waktu undian akan memulai permainan pada set 1.Pemenang pada set 1 akan memulai pertandingan pada set 2.

*) Pelambung harus segera melambungkan bola begitu wasit menyebut posisi angka jika pemain mendahuluinya maka lambungan bola harus di ulang dan pemain tersebut akan mendapatkan peringatan dari wasit.

*) Bola harus disepak pada saat pelambung melambungkan bola kepada ‘TEKONG” begitu bola berhasil disepak dengan baik semua pemain baru boleh bebas bergerak di lapangan sendiri.

*) Sepak mula dinyatakan sah bila bola telah melewati net,baik menyentuh ataupun tidak yang terpenting bola jatuh dilapangan lawan.

8.Peraturan ke Delapan (Sistem Perhitungan Angka)

*) Apabila penerima service atau yang melakukan sepak mula terjadi kesalahan,otomatis akan peroleh angka sekaligus melakukan sepak mula lagi.

*) Angka kemenangan setiap set maximum 21 angka ,kecuali pada saat nilai 20-20,pemenag akan ditentukan dengan selisih 2 angka sampai batas akhir 25.

*) Memberikan kesempatan istirahat 2 menit masing-masing pada akhir set pertama atau kedua termasuk tie break.

*) Apabila masing-masing regu memnangkan 1 set ,maka permainan akan dilanjutkan dengan set ‘tie break’dengan 15 point.Kecuali pada posisi 14-14,pmenang ditentukan dngan selisih 2 angka sampai batas akhir 17 angka.

*) Sebelum set tie break dimulai wasit kedua akan melakukan undian toss.Regu yang menang undian tos akan melakukan sepak mula pada set tie break ini.Pertukaran tempat pada set tie break akan dilakukan apabila salah satu regu mencapai angka 8.

9.Peraturan ke Sembilan ( Pinalty atau hukuman)

*) Menampakan sikap yang tidak sopan dan menghubungi petugas wasit secara kasar mengenai suatu keputusan yang diambil.

*) Meninggalkan lapangan permainan tanpa permisi kepada wasit yang memimpin pertandingan dan melakukan hal yang tidak patut selama pertandingan.

*) Memberikan bola kepada pihak lawan dengan menggunakan kaki atau memberikan dengan cara dilempar dengan kasar.

10.Peraturan ke Sepuluh (Kesalahan Pihak Penyepak Bola)

*) Apabila anda sebagai pelambung masih memainkan bola,melempar boa pada teman sendiri,memantulkan melempar dan menangkap lagi setelah wasit menyebut posisi angka

*) Apabila mengangkat kaki ,menginjak garis,menyentuh atau melewati garis bawah net ketika melakukan lambungan bola.

*) Tekong melompat saat melakukan service,kaki tumpun tidak berada dalam lingkaran atau menginjak garis lingkaran service.

*) Tekong tidak menyepak bola yang dilambungkan kepadanya dan bola menyentuh salah seorang pemain sendiri sebelum bola melewati net.

*) Bola jatuh diluar lapangan dan bola tidak melewati net.

11.Peraturan ke Sebelas(kesalahan pihak penerima service)

Berusaha untuk mengalihkan perhatian lawan seperti ) isyarat ,bersuara keras,menggertak,maupun membuat keributan.

12.Peraturan ke Duabelas (Kesalahan kedua belah pihak)

*) Ada yang mengambil bola dilapangan lawan dan menginjak dan melewati satu tapak kaki garis tengah.
*) Memainkan bola lebih dari tiga kali,bola mengenai tangan,bola mengenai loteng atau pembatas lainnya.
*) Menahan atau menjepit bola antara lengan dan badan atau antara dua kaki dengan bola.
*) Ada pemain yang melewati lapangan lawan walaupun diatas maupun dibawah net kecuali pada saat “the follow trugh ball”.

Demianlah Macam-macam Peraturan Dalam Pertandingan Sepak Takraw.Peraturan harus ditaati dan jangan melawan keputusan wasit.Kalau anda melawan dan tidak mentaati peraturan akibatnya anda akan diberian sangsi dari wasit mapun asosiasi cabang olahraga sepak takraw.Mungkin masih banyak peraturan yang belum bisa saya sebutkan.Apabila kalian semua mau menambahkan silahkan berkomentar.Semoga bermanfaat
Author Profile

About wahyu wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

1 Response to 12 Macam Peraturan Dalam Permainan Sepak Takraw

  1. ya bisa bermanfaat sebagai bagian dari belajar sepaktakraw

    BalasHapus

Back To Top