OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 07 September 2016

9 Macam Tehnik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola

Macam-macam tehnik dasar sepak bola

Olahraga Pedia9 Macam Tehnik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola - Sepak bola memang salah satu olahraga yang sangat populer di Dunia tak terkecuali Indonesia.Banyak lahir pemain-pemain hebat seperti Lionel Messi,Cristiano Ronal do dll.Banyaknya kompetisi Liga membuat persaingan sepak bola semakin ketat.Perlu anda ketahui yang namanya cabang olahraga permainan pasti memiliki yang namanya tehnik dasar ,tak terkecuali pada permainan sepak bola.Bagi anda para pemula tentu harus mengetahui terlebih dahulu tentang Tehnik-tehnik dasar dalam permainan sepak bola.

Dalam permainan sepak bola tehnik dasar dibagi menjadi beberapa bagian seperti menggiring bola,menendang bola,dribbling dll.Tehnik dasar mempunyai peranan yang sangat penting dalam mencapai kemenangan dalam suatu permainan.Para pemain bola profesional tentu sudah mengusai tehnik dasar dengan baik dan benar.Untuk itu olahraga pedia akan memberikan beberapa Tehnik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola.Dalam permainan sepak bola ada 9 tehnik dasar yang harus anda kuasai.Masing-masing tehnik dasar mempunyai cara dan tujuan yang berbeda.Dibawah ini akan saya jelaskan satu persatu tentang 9 Tehnik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola.

MACAM-MACAM TEHNIK DASAR DALAM PERMAINAN SEPAK BOLA


1. Tehnik Mengumpan Bola

Yaitu teknik mengumpan bola kepada sesama team dalam suatu permainan sepak bola. Biasanya umpan bisa dilakukan dengan kaki dan kepala.Ada beberapa macam tehnik mengumpan yaitu mengumpan bola lambung,bola datar dll.Dalam teknik passing ada dua jenis passing yaitu short pass dan long pass. Mengoper dengan short pass menggunakan kaku bagian dalam dan dengan power yang sedang. Sementara mengoper dengan long pass menggunakan kaki bagian luar dengan kekuatan penuh. Tujuan passing atau mengumpan adalah untuk menghindari lawan yang ingin merebut bola dan membuka peluang untuk menerobos daerah pertahanan lawan.

2. Tehnik Menyundul Bola

Tehnik menyundul bola dalam sepak bola biasanya menggunakan bagian kepala.Menyundul bisa dilakukan dalam beberapa situasi,seperti merebut bola diatas udara dan untuk mencetak gol maupun membuang bola.

3. Tehnik Merebut Bola

Tehnik merebut bola sangat penting dalam permainan sepak bola,yaitu menggagalkan serangan lawan. Seorang pemain perlu belajar membaca gerakan lawan dan usahakan membaca gerakan bola daripada menghadap secara fisik lawan main, sehingga akan lebih mudah merebut bola dari kaki lawan.Untuk latihan merebut bola bisa dilakukan dengan satu team,dengan cara membuat lingkaran tengah satu atau dua orang bertugas merebut bola didalam lingkaran.Biasanya latihan ini disebut dengan kucingan.

4. Tehnik Mengontrol dan Menghentikan Bola

Pernahkah anda lihat pertandingan bola ditelevisi,saat mengontrol dan menghentikan bola seperti lengket dikaki.Teknik mengontrol dan menghentikan bola bisa anda lakukan dengan latihan berpasangan.Caranya ajaklah teman untuk dijadikan pasangan latihan.Tugas teman anda bertugas untuk menendang bola dan anda bertugas untuk mengontrol bola.Latihlah mengontrol bola baik datar maupun posisi bola diudara.

5. Tehnik Menggiring Bola

Menggiring berarti menendang bola secara terputus-putus dengan tujuan untuk mendekatkan jarak ke sasaran menghindari lawan, dan menghambat permainan. Menggiring bola menggunakan kaki yang sama untuk menendang.Untuk latihan menggiring bola maupun mendribble bola bisa lakukan dengan bantuan kun.Tata kun dengan jarak kira-kita setengah meter.Mulailah latihan menggiring bola namun usahakan jangan sampai meyentuh kun.

6. Tehnik Melempar Bola

Yaitu teknik melemparkan bola ke dalam lapangan.Biasanya lemaparan bola dilakukan apabila bola keluar dari garis lapangan.Saat melempar, mata focus ke arah teman satu tim, sehingga bola akan mendarat tepat ke arah teman bukan ke lawan.Saat melakukan lemparan bola jangan sampai kaki menginjak melebihi garis batas lapangan.

7. Tehnik Menendang

Menendang bola menjadi aktivitas yang paling dominan dalam permainan sepak bola. Dari start sampai permainan selesai, yang di lakukan para pemain di lapangan adalah menendang. Di mana menendang bola adalah upaya untuk memasukan bola ke gawang lawan untuk mencetak gol. Tujuan utama menendang bola adalah untuk mengumpan dan menembak kea rah gawang. Ada 3 cara menendang bola, yaitu:

a. Menendang dengan kaki bagian dalam
b. Menendang Dengan Kaki Bagian Luar
c. Menendang dengan punggung kaki
d.Menendang dengan ujung jari kaki/sepatu
e.Menedang dengan tumit

Dalam menedang bola harus dilakukan dengan keras dan tepat.Ada beberapa cara untuk melatih memperkuat tendangan dalam permainan sepak bola.

8.Tehnik Sliding Tackle

Tehnik ini bertujuan untuk merebut bola dari lawan,namun tehnik ini sangat rawan.Apabilan tidak dilakukan dengan benar bisa menciderai lawan dan mendapatkan kartu kuning bahkan kartu merah.Tehnik sliding tackle dilakukan dengan meluncur dan menjatuhkan tubuh kerumput.Pada saat melakukan tehnik ini diperlukan timing yang tepat.Ingat jangan melakukan sliding tacle dari belakang ya guys.

9.Tehnik Gerakan Menangkap Bola

Dalam permainan sepak bola ada satu pemain yang diperbolehkan menggunakan tangan untuk menangkap bola yaitu Kiper.Kiper adalah salah satu pertahanan paling belakang dalam suatu team.Seperti yang pernah anda lihat kiper selalu cepat dan tanggap untuk menghadang bola agar tidak masuk kegawang.Bahkan terkadang dialukan seperti terbang.Selain itu seorang kiper harus mempunyai timing yang sangat kuat untuk membaca arah bola.

Demikianlah 9 Tehnik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola.Apabila anda ingin menjadi pemain sepak bola yang hebat paling tidak anda harus menguasai tehnik dasar tersebut.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About wahyu wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

0 Komentar 9 Macam Tehnik Dasar Dalam Permainan Sepak Bola

Posting Komentar

Back To Top