OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Senin, 10 Oktober 2016

14 Macam Tehnik Pukulan Dalam Permainan Billiard

14 Macam Tehnik Pukulan Dalam Permainan Billiard - Olahraga Pedia – Billiard adalah salah cabang olahraga yang membutuhkan ketenangan ,skill dan timing yang bagus.Biasanya orang ingin bermain billiard harus merogoh kocek untuk membayar sewa meja.Khususnya bagi anda yang baru belajar dan bahkan baru mengenal permainan billiard sebaiknya ketahui terlebih dahulu macam-macam pukulan dalam permainan billiard.

Seperti anda ketahui banyak sekali tehnik-tehnik pukulan dalam permainan billard.Mungkin anda tahu pukulan tersebut namun tidak tahu namanya,hal ini pasti akan membuat bingung kalian apabila tidak mengathui nama pukulan tersebut,terlebih lagi jika anda mengikuti turnamen besar tentu anda akan ditertawakan orang.Dibawah ini akan saya jelaskan berbagai macam tehnik dasar pukulan (sodokan) dalam permainan billiard.

Jenis-jenis Pukulan Dalam Permainan Billiard

 Pukulan (sodokan) Dalam Permainan Billiard Beserta Penjelasannya

1. Pukulan Break Shot

Pukulan ini biasanya dilakukan di awal permainan untuk memecah posisi bola pada rack. setiap jenis permainan memiliki teknik break dan posisi bola putih yang berbeda.

2. . Pukulan Missed Cue

pukulan yang terpeleset dan mengakibatkan bola putih bergerak kerah yang salah dan sering menyebabkan foul, biasanya akibat lupa mengoleskan chalk/ Kapur pada cue tip / stik atau akibat ayunan yang salah.

3.  Pukulan Bank Shot

Pukulan ini dilakukan tidak secara langsung, menggunakan ban atau cushion terlebih dahulu, baik untuk cue ball maupun bola sasaran.

4. Pukulan Combination Shot

apabila pemain berniat memasukkan bola dengan menggunakan bola lainnya, sehingga pukulan tidak langsung ke arah bola yang dituju di masukkan ke lobang.
\
5. Pukulan Lagging atau Banking

Biasanya juga disebut banking, yakni suatu metode menentukan siapa yang melakukan break di awal permainan, dimana kedua pemain melakukan satu pukulan lurus langsung ke bola tanpa sasaran, ke arah ban/cushion bagian atas meja dan bola yang di pukul harus kembali menyentuh atau mendekati cushion bawah meja, pemain yang bola nya lebih dekat dengan cushion bawah saat sudah berhenti, berhak melakukan break terlebih dahulu.

6. Pukulan English

sering disebut "efek"  karena memang ini adalah istilah memukul bola menggunakan efek, teknik ini memungkinkan cue ball bergerak atau memantul di ban / cushion sesuai dengan efek yang kita pukul pada cue ball. untuk teknik ini, hukum sudut datang sama dengan sudut pantul dengan sudut oantul tidak berlaku lagi karena pengaruh efek yang diberikan bisa memperbesar atau mempersempit sudut pantul bola

7. Pukulan Jump Shot

cue ball melompati bola di depannya yang menghalangi jalur untuk memukul bola sasaran secara langsung. teknik ini dilakukan mempergunakan cue atau stuk khusus, jum cue, dengan cara memukul bagian atas cue ball dengan sudut sekurang-kurangnya 45 derajat.

8. Pukulan Masse

teknik membelokkan bola putih, menggunakan efek dengan cara memukul bagian atas cue ball, bola putih akan bergerak melengkung. biasanya digunakan bila bola sasaran terhalang bola lain sehingga tidak bisa di pukul langsung.

9. Pukulan Trick Shot

teknik pukulan yang menghasilkan variasi pukulan yang unik dan tidak biasa, biasanya dipergunakan untuk eksebisi.

10. Pukulan Safety Shot

pukulan yang dilakukan untuk menyulitkan lawan apabila posisi bola kurang menguntungkan dan perlu mengatur strategi bertahan dengan posisi cue ball dan bola sasaran pada posisi yang sulit untuk lawan

11. Pukulan Stop Ball

Cue Ball / bola putih berhenti tepat ketika mengenai bola sasaran bergerak seminimal mungkin dari posisi awal bola sasaran yang dipukul, stop ball yang sempurna dapat dilakukan apabila bola sasran dan cue ball berada pada posisi garis lurus. titik pukul pada bagian center cue ball.

12. Pukulan. Follow Shot

cue ball / Bola putih bergerak maju setelah mengenai bola sasaran, titik pukul pada bagian atas cue ball.

13. Pukulan Draw Shot

cue ball bergerak mundur setelah mengenai bola sasaran, titik pukul pada bagian bawah cue ball. teknik ini lebih populer dengan istilah "track ball"

14.Pukulan Spin Shoot atau Spin Stroke

Pukulan dalam teknik bermain billiard ini dilakukan dengan cara memukul bola sedikit di kiri atau kanan titik tengah bola putih. Efek yang ditimbulkan dari jenis pukulan ini adalah, laju bola akan bergerak ke arah yang tidak terduga setelah terkena bola sasaran atau pun memantul ke tepi meja.

Demikianlah  Macam-macam Tehnik Pukulan (Sodokan) Dalam Permainan Billiard.Semoga dengan artikel diatas bisa menambah wawasan dalam permainan ini.Selalu berlatih agar menjadi pemain billiard yang handal.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About wahyu wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

0 Komentar 14 Macam Tehnik Pukulan Dalam Permainan Billiard

Posting Komentar

Back To Top