OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 12 Oktober 2016

Beragam Bridge (Pegangan) Stick Dalam Bermain Billiard

Olahraga PediaBeragam Bridge (Pegangan) Stick Dalam Bermain Billiard - Dalam permainan billiard salah satu faktor penting yang harus anda perhatikan adalah cara memegang stick (tongkat pemukul).Genggaman stick yang salah saat memungkinkan akan menghasilkan tembakan yang tidak akurat.Khususnya para pemula masih banyak yang mememgang stick masih asal-asalan.Hal itu membuat anda tidak sadar,maka tidak heran permainan anda tetap saja buruk.

Jika anda ingin jago dalam bermain billiard anda harus memperhatikan cara memegang stick (tongkat) dengan baik dan benar.Tehnik memegang stick billiard atau yang disebut dengan Kie (Cue) harus dilatih agar menghasilkan pegangan yang baik dan nyaman.Jika dalam memegang stick saja sudah salah maka hasil tembakan tidak akan tepat sasaran bahkan bisa keluar dari meja billiard.Maka sebaiknya pahami terlebih dahulu dasar-dasarnya terlebih dahulu.

1.Peganglah Stick Billiard di Sebelah Pinggul dengan Tangan Dominan

Tempatkan tangan dengan jarak 10-12 cm dari ujung belakang tongkat.Idealnya tangan belakang membentuk sudut 90 derajat dengan tongkat.Kebanyakan pemula menggenggam tongkat terlalu erat .Genggamlah tongkat dengan rileks namun tetap kontrol.

Posisi badan harus sederet dengan bola cue .Ini akan membantu dalam membidik pukulan dengan benar.Pegang tongkat dengan jempol dan jari telunjuk dan tambhkan jari tengah jika ingin lebih bertenaga.

2.Bungkukkan Badan ke arah Meja

Jika anda sudah siap memukul ,bungkukkan badan ke arah meja ,sehingga pandangan anda menatap garis lintasan bola cue.Anda tidak akan bisa memukul jika posisi badan kaku dan tegak.Jaga kedua kaki tetap rileks ,sedikit menekuk,dan berjarak beberapa centi meter.

3.Buat Bridge Terbuka

Bridge terbuka adalah hal paling umum digunakan.Bridge ini dibentuk dengan menempatkan tangan diatas meja dan merentangkan jari-jarinya,selingkan tongkat ditengah seperti huruf “V” yang dibentuk oleh jempol dan jari telunjuk.

4.Pegang Tongkat Dengan Nyaman

Condongkan badan ke depan dan bayangkan titik Anda akan memukulkan tongkat pada bola cue. Teknik memukul bola cue pada titik yang tepat untuk pukulan-pukulan tertentu bisa dikuasai belakangan. Idealnya, Anda memukul bagian tengah bola cue atau pada “titik pas” bola, sehingga bola bergulir pada arah yang seharusnya.

5. Peganglah Tongkat Dengan Seimbang

Dorongkan tongkat sembari membidik dengan mantap. Jika merasa kurang yakin untuk menembak, lebih baik maju-mundurkan tongkat dengan lembut pada bridge agar terasa lebih mantap dan seimbang sebelum memukul ketimbang coba langsung memukul. Ingatlah, Anda ingin memukul bola, bukan menyodok bola. Lakukan follow through dengan cara melanjutkan gerakan Anda sedikit setelah memukul

Beragam Pegangan (Bridge) Dalam Permainan Bola Billiard


1.Pegangan (Bridge) Tertutup

Pegangan (Bridge) Tertutup

Gunakan bridge tertutup. Bridge tertutup adalah teknik lanjutan yang bisa digunakan untuk pukulan-pukulan dengan penekanan lebih. Apalagi bridge ini juga bisa membantu Anda terlihat seperti pemain profesional, namun sebaiknya dilakukan dengan benar. Inilah yang perlu dilakukan:

a.)    Tempatkan tangan depan di atas meja sambil mengepal.
b.)    Rentangkan jari kelingking, manis, dan tengah, serta biarkan jari telunjuk tetap menekuk ke dalam.
c.)    Angkat jari telunjuk dan selipkan jempol di bawahnya.
d.)    Buatlah sebuah lingkaran dengan menggeserkan jari telunjuk di atas jempol.
e.)    Tempatkan tongkat ke dalam lingkaran ini, sembari menjaga ujung jempol tetap menempel pada ujung jari telunjuk

2. Rail Bridge Ketika Bola Cue Berjarak 10-15 cm dari sisi meja (rail)

 Rail Bridge Ketika Bola Cue Berjarak 10-15 cm dari sisi meja (rail)

Bridge ini bisa membantu saat tak punya cukup ruang untuk membuat bridge tradisional karena bola terlalu dekat dengan pinggiran dalam meja. Begini cara melakukannya:

a.)    Tempatkan tangan di atas sisi meja.
b.)    Angkat jari telunjuk melewati jempol dan tempatkan di sisi tongkat yang lain. Jadi,
c.)     jempol terletak di satu sisi dan jari telunjuk di sisi tongkat yang lain.
d.)    Gunakan rail untuk menstabilkan bagian bawah tongkat. Lakukan pukulan.

3.Elevated Bridge Berguna Untuk Mengangkat Tongkat Melewati Bola

Elevated Bridge Berguna Untuk Mengangkat Tongkat Melewati Bola

Bridge ini bisa membantu memukul bola cue yang nyaris terhalang oleh bola lainnya. Ini yang harus dilakukan untuk melakukan pukulan ini:

a.)    Letakkan jari telunjuk di atas meja, nyaris tegak lurus.
b.)    Letakkan jari kelingking dengan cara serupa, sembari jari tengah dan manis menekuk ke dalam, sehingga membentuk semacam tripod.
c.)    Angkat jempol ke atas, membentuk jalur “V” antara jempol dan telunjuk yang terangkat ke udara.
d.)    Tempatkan tongkat di antara jempol dan telunjuk, lalu lakukan pukulan.

4.Gunakan Mechanical Bridge

Gunakan Mechanical Bridge

Mechanical bridge paling cocok digunakan untuk memukul bola yang terlalu jauh dijangkau. Bridge ini jauh lebih berguna ketimbang memaksakan diri untuk menjangkau dan gagal memukul karena kehilangan keseimbangan. Jangan berkecil hati oleh sebutan-sebutan lainnya, crutch (tongkat kruk) atau granny stick (tongkat manula). Tak perlu malu menggunakan mechanical bridge! Begini cara penggunaannya:

a.)    Tempatkan bridge secara mendatar di atas meja, di belakang bola cue.
b.)     Tempatkan bola ke dalam lekuk yang paling cocok untuk pukulan Anda.
c.)    Pegang ujung belakang tongkat dengan jari jempol, telunjuk, dan tengah.
d.)    Turunkan kepala sederet dengan alur pukulan dan lakukan pukulan.

Demikianlah Beragam Bridge dan Dasar-dasar Pegangan Stick Dalam Permainan Billiard.Pegangan tongkat billiard memang beragam dan setiap bridge digunakan tergantung posisi bola.Untuk itu pelajarilah berbagai bridge untuk memasukkan bola.Artikel bersumber dari situs hebat WIKIHOW.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About wahyu wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

0 Komentar Beragam Bridge (Pegangan) Stick Dalam Bermain Billiard

Posting Komentar

Back To Top