OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 02 Maret 2017

Cara Meningkatkan Kemampuan Tosser Dalam Permainan Bola Voli

Olaharaga PediaCara Mempertajam Kemampuan Mengumpan Tosser Bola Voli -  Dalam permainan bola voli tosser atau setter adalah posisi pemain yang bertugas sebagai pengumpan.Selain itu jantung dari permainan voli juga ada di tosser.Menjadi seorang tosser yang hebat bukanlah hal yang mudah,bahkan bisa dibilang cukup susah bagi para pemula.Setidaknya Anda harus mempunyai bakat,giat berlatih dan mencintai dengan tulus posisi ini.Postur tubuh yang ideal untuk menjadi seorang tosser atau setter mempunyai tinggi sedang,atau postur tinggi akan lebih bagus lagi.Karena dapat membantu melakukan blocking.

Tosser juga harus mengusai passing atas dan bawah dengan sangat baik.Hal itu wajib Anda kuasai karena datangnya bola tidak selalu mulus dan Anda harus bisa mengumpan dalam posisi apapun,baik itu menggunakan passing atas maupun bawah.Biasanya tosser yang baik memiliki beberapa kriteria,kriteria tersebut meliputi :

1.Anda harus benar-benar mengenali karakter spiker kalian.Seperti apa bola kesukaan dia ,gimana kemampuannya dll.Jika demikian,maka akan terjalin kerjasama yang baik.

2.Seorang tosser harus bisa membaca situasi pertandingan.Jika Anda bisa membaca lawan ,Anda dapat memberikan bola kepada spiker ke tempat yang kosong atau mengecoh block lawan.

3.Memberikan umpan yang bagus kepada para spiker,agar bola dapat dipukul dengan baik.

4.Seorang tosser harus mempunyai insting,timing dan berpikiran cepat

5.Mampu menciptakan umpan-umpan yang brillian,baik itu umpan lambung,bola cepat dll.

Kalau kriteria di atas dapat Anda penuhi,Anda akan menjadi seorang tosser yang hebat.Lantas,bagaimana cara meningkatkan kemampuan tosser dalam permainan bola voli ? Untuk menjawab pertanyaan tersebut ,silahkan perhatikan dibawah ini :

1.Lakukan pemanasan

Sebelum Anda melakukan aktivitas olahraga apapun harus diawali dengan pemanasan.Lakukanlah pemanasan secara statis dan dinamis.Hal ini bertujuan agar otot-otot lebih siap dan meminimalisir terjadinya cidera.

2.Latihan passing atas dan bawah

Seperti yang saya jelaskan di atas,salah satu syarat menjadi tosser yang baik harus menguasai passing atas dan bawah dengan baik.Asahlah kemampuan tehnik passing kalian dengan latihan yang sungguh-sungguh,dan dilakukan secara berkala.

3.Latihan menggunakan beban

Latihlah kemampuan umpan Anda dengan menggunakan bola basket.Anda bisa mengajak teman untuk melemparkan bola basket dan melakukan umpan.Tapi ingat sebelum Anda latihan menggunakan bola berat kalian harus memperkuat jari-jari kalian.

4.Latihan mengumpan

Anda harus asah kemampuan mengumpan dalam posisi apapun.Misalnya Anda belatih mengumpan dari posisi tidur,berdiri,pengambilan dari bawah,posisi jongkok dll.

5.Latihan bersama teman

Ajaklah teman untuk berlatih,dan suruh teman untuk mengoperkan beberapa model umpan.Tugas Anda mengoperkan bola tersebut baik ke depan,ke belakang,bola cepat dll.Hal itu bertujuan untuk melatih timing dan dalam situasi tertentu Andabisa berpikir lebih cepat.

6.Latihan rutin dan berkala

Ikutilah latiha rutin bersama team bola voli sobat.Hal ini bertujuan agar Anda lebih mengenal karakter spiker dan pemain lainnya.Jika sudah terkoordinir dengan baik,kalian bisa latihan beberapa variasi serangan.

Demikianlah cara mempertajam kemampuan tosser untuk mengumpan dalam permainan bola voli.Dengan latihan yang sungguh-sungguh kemampuan tosser Anda pasti akan meningkat.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About wahyu wibowo

Lorem ipsum dolor sit amet, consetetur sadipscing elitr, sed diam nonumy eirmod tempor invidunt ut labore et dolore magna aliquyam erat, sed diam voluptua.

0 Komentar Cara Meningkatkan Kemampuan Tosser Dalam Permainan Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top