OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Selasa, 09 Desember 2014

TIPS MENINGKATKAN JUMPING SMASH DALAM BOLA VOLI

Bagaimana cara melatih jumping/lompatan smash dalam bola voli?Mungkin bagi anda yang hobi bermain voli pasti menginginkan mempunyai jumping/lompatan yang tinggi khususya bagi anda yang berposisi sebagai smasher.Disarankan dalam posisi ini mempunyai postur yang tinggi selain itu mempunyai otot kaki yang kuat.Kemaren saya sudah memberikan tentang teknik-teknik smash.Seorang smash harus mempunyai timing dan pukulan yang bagus,termasuk jumping juga harus tinggi,kalau semua sudah anda kuasai saya pastikan smashan anda bisa tajam dan menukik.

kebawah tepat sasaran.Karena salah satu faktor kemenangan dalam permainan bola voli terletak pada smasher.Maka oleh karena saya akan memberikan tips melatih jumping/lompatan dalam bola voli.Perhatikan dibawah ini langkah-langkahnya :

Ada beberapa hal yang harus anda perhatikan apa saja gerakan saat  melakukan sebuah gerakan jumping.Dan ini wajib diketahui,supaya dalam berlatih tidak kebingungan apa saja yang harus dilatih.Dibawah ini faktor-faktor yang terkandung dalam melakukan jumping smash dalam bola voli :

1.Awalan
Saat anda melakukan jumping harus memperhatikan langkah-langkahnya,usahakan 2,3 langkah saja.Jangan sambil berlari.

2.Tolakan
Disaat anda melakukan lakukanlah dengan benar dengan cara menolakkan kaki dengan sekuat tenaga.

3.Timing smash
Pada saat anda melakukan tolakan,nah disini sangat penting pada saat toser melakukan umpan tolong perhatikan dengan betul,usahakan bola jangan sampai diatas kepala harus didepan kita usahakan tangan harus lurus keatas selain kita bisa dengan begitu kita bisa meakukan smash dengan baik.

4.Mendarat
Pada saat melakukan pendaratan habis melakukan smash usahakan kaki dalam posisi ngeper,supaya tidak terjadi cidera.

MENINGKATKAN JUMPING/LOMPATAN SMASH DALAM BOLA VOLI

GAMBAR JUMPING SMASH BOLA VOLI

 

Dibawah ini adalah latihan-latihan yang harus anda lakukan untuk meningkatkan jumping smash dalam bola voli :

1.PEMANASAN/WARMINGUP
Sebelum anda melakukan latihan ini harus wajib dilaksanakan yaitu pemanasan dulu secara statis dan dinamis yaitu gerakan penguluran tubuh ataupun gerakan pemanasan lainnya agar tidak terjadi cidera.

2.LARI BIASA/LARI SPRINT
Usahakan untuk melakukan joging kira-kira selama 20 menit ataupun melakukan lari sprint secara bolak-balik.

3.LOMPAT TANGGA
Anda bisa melakukan lompat tangga atau dengan cara berlari ditangga naik-turun sekuatnya dan usahakan tiap hari intensitas latihan harus tambah.

4.LOMPAT TALI ATAU ODENG
Pasti anda tau kan lompat menggunakan odeng lakukanlah setiap pagi dan sore secara rutin kalau belum latihan dengan pelan-pelan

5.LATIHAN LOMPAT DENGAN ALAT
Anda bisa menggunakan alat-alat seperti meja,kursi ataupun bahan latihan,untuk mengukur lompatan anda sampai dimana,kalau sudah bisa melewati bisa ditambah dengan alat lain supaya bisa lebih tinggi.Atau bisa dilakukan dengan cara melompat dan kaki dikasih beban suapaya kalau beban sudah dilepas saat melakukan jumping akan terasa ringan

6.LAKUKAN GERAKAN LARI KIDANG
Lakukan gerakan ini berlari seperti kidang atau posisi angkling/engklek ini berfungsi saat anda melakukan smash dengan mengangkat kaki satu untuk menipu para blocking musuh

7.PUSH UP,SET UP,RANGEN,FULL UP
Lakukanlah gerakan ini rutin setiap hari karena itu berfungsi saat anda melakukan tolakan dan melakukan smash supaya  kekuatan tangan anda bertambah besar.

8.GERAKAN KOMBINASI
 Lakukan gerak lari cepat atau gerakan lari sprint ditempat pada saat anda melakukan gerakan itu langsung lanjut kebawah seperti posisi  pus-up,lakukan gerakan sebanyak 10 kali setelah push-up langsung bangun melakukan gerakan jumping dengan posisi tangan terlentang keatas.

CARA MELATIH TIMING SMASH


1.Gerakan langkah kaki

Ingat saat anda melakukan gerakan jumping smash awal langkah pertama jangan berlari karena anda akan kesulitan dalam melakukan smash.Bergeraklah dengan car berjalan mungkin anda bisa lakukan dengan 2,atau 3 langkah.

2.Latihan tanpa bola

Lakukanlah latihan jumping ya anggap aja seperti anda bermain akan tetapi kali ini tidak ada bolanya,ini untuk melatih timing anda biar bisa pas sama bola yang diumpankan dari toser.

3.Latihan menggunakan bola

Latihan ini bisa anda lakukan dengan cara mengajak toser,kemudian bola diberikan kepada pengumpan lakukanlah smash dengan pelan-pelan dulu,Kalau timing sudah pas dan anda benar-benar lakukanlah dengan sekeras mungkin.

Baca Juga : Trik mudah meningkatkan lompatan smash bola voli

Demikianlah tips cara melatih jumping/lompatan smash dalam bola voli.Anda bisa langsung mempraktekannya.Kalau sudah bandingkan dengan sebelum anda latihan.Usahakan latihan rutin jangan malasn ya.Semoga bisa bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About wahyu wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

5 Komentar TIPS MENINGKATKAN JUMPING SMASH DALAM BOLA VOLI

  1. keren artikelnya,,,,terimakasih dah berbagi
    www.volimaniak.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. iya makasih mas..artikel mas juga keren-keren...salam perkenalan

      Hapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. Terima kasih dan sangat membantu ..

    BalasHapus

Back To Top