OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 22 Januari 2015

MENGUASAI TEHNIK DASAR BULU TANGKIS DENGAN CEPAT

Tehnik dasar bulu tangkis - Jika kita pengen menjadi pemain bulu tangkis yang berprestasi ataupun untuk sekedar hobi,kita harus mengetahui yang menjadi tehnik dasar dalam suatu permainan bulu tangkis.Dengan modal latihan yang sungguh-sungguh dan dibawah asuhan pelatih yang berpengalaman kita dapat menguasai berbagai tehnik dasar bermain bulu tangkis secara benar.Indonesia banyak menciptakan pemain-pemain Bulu tangkis yang handal seperti Taufik Hidayat,Susi Susantidan masih banyak yang lainnya.Mereka banyak meraih tropi juara di kejuaraan tingkat Dunia.


Kalau anda kepengen seperti mereka,maka mulai dini harus berlatih dengan sungguh-sungguh dan menguasai tehnik dasar bulu tangkis dengan benar.Bulu tangkis dikenal sebagai olahraga yang banyak menggunakan pergelangan tangan.Karena itu benar tidaknya memegang raket akan sangat menentukan kualitas seseorang.Kali ini Olahraga Pedia akan memberikan cara menguasai tehnik dasar bulu tangkis dengan benar.

TEHNIK DASAR PERMAINAN BULU TANGKIS


tehnik dasar bulu tangkis

Dibawah ini beberapa tehnik dasar permainaan bulu tangkis yang sangat penting dan harus dikuasai dengan benar.

1.Cara memegang raket (Grip)

Menguasai cara dan tehnik memegang raket yang betul merupakan modal penting untuk dapat bermain bulu tangkis dengan baik.Jika tehnik pegangan raket dari awal sudah salah maka akan sulit sekali untuk mengembangkan permainan.Cara memegang raket yang benar adalah raket harus dipegang dengan menggunakan jari-jari tangan (ruas jari tangan)dengan luwes dan rilexs,tapi harus tetap bertenaga pada saat memukul kok.Hendari memegang raket dengan cara menggunakan telapak tangan seperti memegang golok.

Ada 2 cara untuk memegang raket yaitu :

A.Cara memegang raket forehand (forehand grip)

*)Pegang raket dengan tangan kiri,kepala raket menyamping.Pegang raket dengan cara seperti “jabat tangan”.Bentuk V tangan diletakkan pada bagian gagang raket.

*)Tiga jari yaitu jari tengah,jari manis dan kelingking menggenggam raket,sedangkan jari telunjuk agak terpisah

*)Letakkan ibu jari diantara tiga jari dan telunjuk

B.Cara memegang raket backhand

*)Untuk memegang backhand,geser “V tangan kearah dalam letaknya disamping dalam .Bantalan jempol berada pada pegangan raket yang lebar.

2.Footwork

Footwork (gerakan langkah kaki) merupakan dasar untuk bisa menghasilkan pukulan yang berkualitas yaitu apabila dilakukan dalam posisi baik.Untuk bisa memukul dengan posisi baik seorang atlet harus memiliki kecepatan gerak.Kecepatan gerak kaki tidak bisa dicapai kalau footworknya tidak teratur.Cara melatih Footwork

3.Sikap dan posisi

Sikap dan posisi berdiri dilapangan harus sedemikian rupa sehingga dengan sikap yang baik dan sempurna itu seorang pemain dapat secara cepat bergerak kesegala penjuru lapangan permainan.

4.Sikap dan tahap kerja langkah kaki

Sikap dan tahap kerja langkah kaki yang benar dalam permainan bulu tangkis sangat penting dikuasai secara benar oleh setiap pemain.Ini merupakan syarat untuk meningkatkan kualitas ketrampilan memukul kok.Beberapa faktor yang harus diperhatikan pada saat sikap dan melangkahkan kaki :

*)Berdirilah selalu dengan sikap dan posisi yang tepat diatas lapangan

*)Lakukanlah gerak langkah kedepan,kebelakang,kesamping kanan dan kiri pada saat memukul kok sambil tetap memperhatikan keseimbangan tubuh

*)Gerak langkah sambil meluncur cepat sangat efektif sebagai upaya untuk memukul kok.

*)Hindari berdiri dengan telapak kaki dilantai(bertapak) pada saat menunggu datangnya kok atau pada saat bergerak untuk memukul kok.

5.Posisi memukul bola (Preparation)

Waktu sekian detik yang ada pada masa persiapan ini juga dipakai untuk menetukan pukulan apa yang akan dilakukan.Posisi ini sangat penting dilakukan dengan baik dalam upaya menghasilkan pukulan berkualitas.Dibawah ini hal yang perlu diperhatikan dalam memukul Overhead dan Underhand.

*)Overhead (atas) untuk tangan kanan

Pada posisi ini badan menyamping dengan arah net.Posisi kaki kanan berada dibelakang kaki kiri.Pada saat memukul bola harus terjadi perpindahan beban berat badan dari kaki kanan ke kaki kiri.Posisi badan harus selalu berada dibelakang bola yang akan dipukul.

*)Underhand (bawah)

Posisi memukul adalah kaki kanan selalu berada didepan dan kaki kiri dibelakang.Lutut kaki kanan dibengkokkan sehingga paha bagian bawah agak turun.kerendahannya sesuai dengan ketinggian bola yang akan dipukul.Pada saat bola dipukul posisi kaki kiri harus tetap berusaha berada dibelakang dan hanya bergeser kedepan sedikit.

6.Servis (Service)

Dalam permainan bulu tangkis,servis merupakan modal awal untuk bisa memenangi pertandingan.Dengan kata lain seorang pemain tidak bisa meraih angka jika tidak bisa melakukan sebuah service dengan baik.Service dalam permainan bulu tangkis dibagi menjadi beberapa bagian diantaranya sebagai berikut :

*)Servis Forehand

*)Servis Backhand

*)Flick Servis (servis entakan)

Dalam melakukan servis Backhand dan Forehand harus dilakukan dengan benar,supaya lawan tidak dengan mudah mengembalikannya.

7.Pengembalian servis

Untuk tehnik pengembalian servis sangat penting untuk dikuasai dengan benar oleh setiap pemain bulu tangkis.Arahkan kok kedaerah sisi kanan dan kiri lapangan lawan atau sudut depan atau belakang lapangan lawan.

8.Overhead clear atau lob

Pusatkan perhatian untuk lebih menguasai pukulan overhead lob ini karena tehnik pukulan lob banyak kesamaanya dengan tehnik smash dan dropshoot.Pukulan overhead lob adalah bola yang dipukul dari atas kepala

9.Pukulan round the head

Bola atas yang dipukul dibagian belakang (samping telinga sebelah kiri).Dibanding dengan overhead biasa,pukulan dibelakang kepala relatif sulit sebab untuk bisa melakukannya diperlukan ekstra kekuatan kaki ,kelenturan,footwork yang baik dan koordinasi.

10.Smash

Smash adalah pukulan overhead atas yang diarahkan kebawah dan dilakukan dengan tenaga penuh.Pukulan ini identik dengan pukulan menyerang lawan bertujuan untuk mematikan lawan dan mencari point.

11.Dropshot (pukulan potong)

Pukulan ini dilakukan seperti smesh.Perbedaannya terletak pada posisi raket  saat perkenaandengan kok.Bola dipukul denga dorongan dansentuhan yang halus.

12.Netting

Netting adalah pukulan yang dilakukan dekat denga net diarahkan sedekat mungkin ke net,dipukul dengan sentuhan tenaga halus sekali.Pukulan netting yang baik adalah jika bolanya dipukul halus dan melintir tipis dekat sekali dengan net.

13.Smash pengembalian (Return smash)

Adalah pukulan yang lebih identik dengan pola pertahanan.Namun pengembalian smesh yang baik bisa menjadi serangan balik.

14.Drive


Adalah pukulan cepat mendatar,pukulan ini banyak digunakan dalam permainan ganda tujuannya untuk menghindari lawan menyerang atau sebaliknya memaksa lawan mengangkat bola dan berada pada posisi bertahan.

Demikianlah beberapa tehnik dasar dalam permainan bulu tangkis,setelah anda membaca artikel ini dapat meningkatkan permainan bulu tangkis,asalkan dilatih dengan sungguh-sungguh.Semoga bisa bermanfaat.
Sumber (Buku Mahir Bulu Tangkis,Penulis Hermawan Aksan,Penerbit NUANSA CENDIKIA )
Author Profile

About wahyu wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar MENGUASAI TEHNIK DASAR BULU TANGKIS DENGAN CEPAT

Posting Komentar

Back To Top