OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 28 September 2016

5 Tips Merawat Sarung Tangan Kiper Biar Awet dan Tidak Bau

Olahraga Pedia – Sarung tangan kiper atau disebut dengan glove kiper adalah salah satu perlengkapan wajib yang harus dimiliki oleh seorang kiper .Sarung tangan kiper berfungsi untuk melindungi telapak tangan dari cidera karena datangnya bola terlalu keras.Selain itu juga berfungsi untuk menangkap bola lebih lengket dan tidak mudah lepas.Setiap kiper mempunyai ukuran sarung tangan yang berbeda-beda.Sarung tangan kiper bisa anda dapatkan ditoko-toko olahraga terdekat.

Untuk harga sarung tangan kiper ada yang murah dan ada yang mahal,tergantung kualitas dan bahannya.Pernahkah anda melihat pertandingan bola dalam kondisicuaca hujan ? Pasti semua sudah pernah melihatnya,bayangkan saja kiper harus jatuh bangun untuk menyelamatkan bola.Kondisi tersebut tentu membuat pakaian dan sarung tangan anda menjadi kotor.Apabila tidak dibersihkan dan di rawat sarung tangan kiper anda akan mudah rusak.Apabila rusak tentu anda harus membeli sarung tangan kiper lagi guyss.Tentunya hal itu tidak mau terjadi pada diri anda kan ? Kali ini admin akan membantu anda dengan memberikan Cara untuk Merawat dan Membersihkan Sarung Tangan Kiper Agar Tidak Bau dan Awet.

5 Cara Merawat dan Membersihkan Sarung Tangan Kiper Biar Awet,Tidak Berbau dan Tahan Lama

1.Sarung Tangan Kiper Ternyata Memiliki Masa Pakai

Lapisan lateks pada sarung tangan kiper akan mengusang seiring pemakaian.Tetapi,jika anda rawat dengan benar masa pakai ini akan lebih panjang.

Telapak sarung tangan lateks yang lembut dan tebal,seperti pada sarung tangan kelas profesional ,akan memberikan genggaman yang baik.Sarung tangan yang sangat tebal dapat menunjukkan tanda-tanda keusangan misalnya pengelupasan pada penggunaan pertama

2.Rawatlah Sarung Tangan Selama Pertandingan

Sarung tangan kiper anda akan lebih sering digunakan dalam pertandingan,maka rawatlah dengan baik.Terutama jika sarung tangan anda berjenis semua kondisi atau cuaca kering.

Banyak area lapangan sepak bola yang kotr dan berlumpur,hal ini tergantung cuaca.Jika anda pemanasan di area ini ,efisiensi sarung tangan ini akan berkurang.Oleh sebabitu,lakukanlah pemansan di daerah yang kering dan tidak terlalu kotor.

Sarung tangan dengan lateks yang lembut perlu dilembabkan dengan air saat telapak tangannya mengering.Namunlateks yang sangat lembut akan licin jka terlalu lembab.Carilah keseimbangan yang tepat sebelum pertandingan sehingga permainan anda tidak terganggu.

3.Bersihkan Sarung Tangan Anda

Sarung tangan kiper sesekali harus dibersihkan karena setelah dipakai terlalu lama ,sarung tangan kiper bisa menjadi lembab dan berbau.Untuk membersihkannya ,anda hanya perlu menyediakan sabun khusus untuk sarung tangan kiper anda.Jika anda tidak punya sabun khusus,anda bisa menggunakan shampo non condisioner.

Setelah itu,rendam sarung tangan kiper anda dalam sabun tersebut kurang lebih 30 menit sampai semua kotorannya menghilang.Kemudian jemurlah sarung tangan anda.Sebaiknya gunakan kipas angin untuk membantu mengringkan sarung tangan kiper anda.Karena paparan sinar matahari secara langsung bisa membuat sarung tangan anda menjadi terlalu kering dan tidak nyaman saat dipakai.

4.Simpan Sarung Tangan Dengan Baik

Simpanlah sarung tangan anda pada tempat yang sejuk dan kelembaban yang wajar.Sarung tangan dan temapt penyimpanan tidak boleh basah karena bakteri atau lumut akan tumbuh disarung tangan dan mempercepat keusangan sarung tangan anda.

Jangan masukkan sarung tangan begitu saja kedalam tas kemudian biarkan sampai pertandingan berikutnya .Keringkan jika diperlukan,kemudian masukkan ke dalam tas penyimpanan.Jika sarung tangan basah karena keringat,biarkan kering selama beberapa waktu.

Jangan pertemukan kedua telapak sarung tangan saat disimpan,karena akan lengket dan robek saat dipisahkan.

5.Jaga Sarung Tangan Agar Tidak Bau

Isi sarung tangan adalah ruang yang sempit dan tertutup yang terpapar oleh keringat dan bakteri sehingga dapat memunculkan bau yang tidak sedap.Bersihkan dan simpan sarung tangan dengan baik supaya bakteri dan lumut penyebab bau tidak tumbuh di sarung tangan anda.

Demianlah 5 Langkah untuk Merawat dan Membersihkan Sarung Tangan Kiper Agar tidak Bau dan Tidak Mudah Rusak.Dengan merawat sarung tangan kiper anda tentu masa keusangan akan tambah panjang,dan anda tidak perlu mengeluarkan banyak uang untuk bolak-balik membeli sarung tangan kiper.Dengan merawat dan membersihkan secara rutin sarung tangan kiper anda tidak akan mudah rusak.Semoga bermanfaat.Terima kasih
Author Profile

About wahyu wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 5 Tips Merawat Sarung Tangan Kiper Biar Awet dan Tidak Bau

Posting Komentar

Back To Top