OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Jumat, 02 Desember 2016

Cara Mudah Merawat Meja Billiar Biar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Olahraga PediaCara Mudah Merawat Meja Billiar Biar Awet dan Tidak Mudah Rusak -  Apakah anda sudah mempunyai meja billiar ? Bagi seorang penghobi billiard memiliki meja billiar sendiri adalah hal yang sangat menyenangkan.Apabila anda sudah mempunyai meja billiar sendiri dirumah,anda bisa bermain dan berlatih sesuka hati.Seperti yang kita ketahui harga meja billiar cukup lumayan mahal,sehingga anda ingin melakukan sesuatu yang dapat menjaga meja selalu dalam kondisi baik.

Mungkin banyak orang mampu membeli meja billiard ,namun kebanyakan dari mereka tidak mengerti cara merawat meja billiar dengan baik.Saat anda selesai bermain pasti keadaan meja billiard kotor terkena kapur maupun debu dll.Agar meja billiard anda selalu dalam kondisi bagus dan awet,maka kalian harus merawatnya dengan baik.Untuk itu admin akan memberikan beberapa cara perawatan meja billiar biar tahan lama dan awet.

Tips Mudah Merawat Meja Billiar Biar Awet dan Tahan Lama

1.Perhatikan Bagian Laken Meja Billiar

Jika laken sudah dalam kondisi kotor dan butek anda harus segera membersihkannya.Caranya coba bagian laken disikat kering sambil divacum,hal ini bisa mengurangi debu-debu yang ada di meja billiar tersebut.Bersihkanlah selalu jika sering anda gunakan,terutama pada bagian meja yang sering kena kotoran.Baik itu kotoran kapur maupun debu.

Jangan sampai noda tersebut dibiarkan lama-lama sehingga sulit untuk dibersihkan.Ketika menyikat kain meja ,anda tidak perlu melakukan hal ini lebih dari sekali dalam 2 minggu,atau cukup satu bulan sekali.Gunakanlah vacum cleaner pada pengaturan hisap.Apabila tidak memungkinkan untuk dibersihkan atau sudah lapuk sebaiknya laken diganti.

2.Service atau Pembongkaran Meja Billiard

Sebelum anda melakukan pembongkaran meja billiar siapkan bahan-bahan yang akan diganti atau sudah rusak.Pergantian Rubber Cushion atau karet pantul bola supaya bola tersebut pantulannya akurat kembali.Setelah dibongkar silahkan bersihkan hpl yang sudah dikupas ,ganti yang baru.Lakukan pengamplasan supaya media rata kembali.Setelah selesai lakukanlah pengeleman pada dinding pinggir meja yang akan dibersihkan lapis hpl baru.Periksalah keadaan media tersebut apa yang harus diganti ,periksalah jalur bola dan pastikan jalur tersebut lancar tidak sampai tersumbat.

Untuk pergantian Rubber Cushion atau karet pantul bola,ukurlah panjang atau lebar meja kemudian karet tersebut dipotong sesuia dengan ukuran panjang kali lebar.Kalau sampai kurang jangan disambung yach,karena bisa mempengaruhi pantulan .Untuk menempelkan pada meja menggunakan lem.Bungkus laken dengan laken cloth atau karpet,untuk penempelan sama dengan cara dilem.

3.Meja Billiard Dalam Kondisi Tidak Dipakai

Jika meja tidak sedang dipakai untuk bermain billiard maka anda harus meletakkan kain penutup ,agar meja billiard tidak kotor terkena debu,cairan dan zat lain yang dapat merusak.

Bagian –bagian Meja Billiard Yang Sering Diperbaiki

1.Moving table
2.Setting kemiringan meja billiard
3.Pergantian rubber pocket
4.Pergantian laken (cloth) meja billiard
5.Pergantian rubber cushion atau karet pantul bola
6.Bongkar pasang meja billiard.

Demikianlah beberapa cara untuk merawat meja billiard biar tahan lama dan awet.Jika anda tidak bisa merawat meja billiard sendiri silahkan gunakan jasa layanan service meja billiard terdekat.Perawatan yang baik akan menjadikan meja billiard bertahan-tahan bertahun-tahun.Pastinya anda tidak perlu mengeluarkan biaya lagi untuk membeli meja billiard.Semoga bermanfaat.
Author Profile

About wahyu wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Cara Mudah Merawat Meja Billiar Biar Awet dan Tidak Mudah Rusak

Posting Komentar

Back To Top