OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Rabu, 01 Maret 2017

Pahami Arti Kode (Isyarat) Jari Pemain dalam Permainan Bola Voli

Olahraga Pedia - Pahami Arti Kode (Isyarat) Jari Tosser dalam Permainan Bola Voli - Salah satu kunci dalam memenangkan pertandingan bola voli adalah kerjasama team.Memang benar bola voli tidak bisa dilakukan secara individu melainkan kerjasama tim yang baik.Pernahkan Anda melihat turnamen voli ? Pasti di antara kalian ada yang sudah melihat salah satu pemain memberikan kode dengan tangan yang disembunyikan di belakang tubuh.Hal ini bertujuan agar lawan tidak melihat kode tersebut.Biasanya kode atau isyarat tersebut hanya dimengerti oleh rekan timnya.

Biasanya antar pemain memberikan kode dengan 1 jari,2 jari,jari melingkar(=0),menyilangkan 2 jari dll.Kode ini sudah baku secara Nasional,International atau setiap regu mempunyai arti masing-masing.Kunci dalam permainan bola voli adalah seorang tosser.Oleh karena itu seorang tossir dituntun untuk cerdas dan kreatif dalam situasi pertandingan.Biasanya seorang tosser memilii kode tertentu dalam memberikan umpan atau dalam mengantisipasi serangan lawan.Bisa dilakukan dengan isyarat mengangkat alis,menggunakan jari,gestur tubuh,gelengan kepala dll.Hal itu tergantung kesepakatan rekan satu tim dalam membuat tanda.

Pahami Arti Kode (Isyarat) Jari Pemain Tosser dalam Permainan Bola Vol

Macam-macam Kode /Isyarat Jari Pemain Dalam Permainan Bola Voli


1.Posisi tangan seperti menekan ke bawah,artinya membiarkan bola

2.Menggunakan isyarat dengan jari telunjuk dan jempo secara bersamaan,artinya berikan service atau smash ke arah pemain belakang.

3.Menggunakan jempol dan kelingking,artinya tukar gaya service

4.Isyarat satu jari telunjuk ,artinya mempassing kepada orang yang memberikan kode

5.Isyarat menekan telunjuk dengan jempol,artinya tosser akan memberikan bola quick dan bola pertama harus di dorong bukan di lambung.

6.Isyarat mengepalkan tangan,artinya untuk serangan bola cepat.

7.Isyarat kode  tiga jari,artinya tosser akan memberikan bola kepada spiker di belakang garis 3 meter.

8.Isyarat kode 2 jari tengah dan telunjuk,artinya memberikan 2 bola di atas net.

9.Isyarat angkan nola dengan jari,artinya digunakan pemain belakang agar menahan hasil service dengan langsung pass kepada orang  yang memberi kode.

10.Isyarat meluruskan jari tengah dan telunjuk,artinya 2 orang disamping tosser sipa menggunakan tehnik “smash pass” tipuan maupun variasi.

Sebenarnya selain yang saya sebutkan di atas masih banyak kode-kode yang belum admin sebutkan.Kode tersebut dalam tidak mudah daam pelaksanaanya,sanga dibutuhkan latihan sesama tim.Jika Anda menggunakan kode tersebut harus sudah disepakati oleh rekan satu kalian.Kode dalam permaian bola voli sebenarnya bertujuan untuk melakukan variasi serangan seperti variasi bla tumpuk,open spiker berlari setelah quicker untuk mengecoh lawan dll.

Memang untuk melakukan variasi serangan tidak lah semudah membalikkan telapak tangan.Banyak dari mereka yang belum matang,melalakukan variasi serangan malah bertabrakan sesama satu tim.Namun jika hal ini dilatih secara sungguh-sungguh,saya yakin team kalian akan bisa melakukan banyak sekali variasi serangan.

Catatan : Ingat setiap tim bola voli pasti mempunyai kode masing-masing,bahkan kita un akan susah untuk memahaminya.Karena kode tersebut dibuat dan hanya dimengerti oleh rekan satu timnya.Itulah yang disebut kode rahasia dalam sebuah tim bola voli.

Demikianlah kode atau isyarat jari pemain dalam permainan bola voli.Semoga dengan adanya artikel di atas bisa menambah wawasan kalian tentang bola voli.Mungkin keterangan di atas jauh dari kata sempurna,diharapkan kawan-kawan untuk menambahkannya apabila ada kekurangan melalui kolom komentar.Terima kasih.
Author Profile

About wahyu wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar Pahami Arti Kode (Isyarat) Jari Pemain dalam Permainan Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top