OLAHRAGA PEDIA

Blog tentang tutorial olahraga basket,badminton,sepak bola,futsal,golf,bola boli,tenis meja dll

Kamis, 06 April 2017

6 Cara Mempersiapkan Kondisi Fisik Pemain Bola Voli

Olahraga Pedia6 Cara Mempersiapkan Kondisi Fisik Pemain Bola Voli -  Dalam semua cabang olahraga permainan ,tehnik dasar dan kekuatan fisik adalah faktor pendukung yang saling berkaitan agar Anda menjadi pemain yang hebat,begitu juga dengan bola voli.Bentuk-bentuk latihan fisik dalam olahraga voli meliputi latihan kecepatan,latihan daya tahan,latihan kelentukan dan latihan kekuatan.Dalam olahraga bola voli latihan fisik dibagi menjadi 2 bagian ,yaitu latiha fisik secara umum dan khusus.

Latihan fisik umum bertujuan meningkatkan kemampuan kerja organ tubuh,sehingga akan mempermudah upaya pembinaan dan peningkatan dalam semua aspek pelatihan pada tahap berikutnya.Sedangkan persiapan fisik khusus bertujuan untuk meningkatkan kemampuan fisik dan gerak yang lebih maju menuju pertandingan. Pada tahap ini pelatihan bertujuan untuk memahirkan gerakan kompleks dan harmonis yang dibutuhkan setiap pemain untuk menghadapi pertandingan.

 Cara Mempersiapkan Kondisi Fisik Pemain Bola Voli Menuju Pertandingan

Cara Meningkatkan Kemampuan Fisik Bola Voli Menuju Pertandingan


1.Latihan Pemanasan

Sebelum melaukan olahraga apaun haruslah di mulai dari pemanasan.Lakukanlah emnasan secara statis dan dinamis. Banyak pelatihan kurang memberikan perhatian khusus perihal peranan dan fungsi latihan pemanasan yang benar dan betul. Latihan pemanasan yang dikemas dengan benar akan memberikan pengaruh positif pada proses kerja organ tubuh, mekanisme peredaran darah, dan pernapasan. Itu semua akan berpengaruh langsung untuk kerja berat selanjutnya.Selain itu fungsi pemanasan untuk meminimalisir terjadinya cidera.

Biasanya pemanasan berbentuk latihan seperti gerakan-gerakan senam yang bersifat mere-gang otot tungkai, paha belakang, depan, lengan, pergelangan kaki, pinggang, otot bahu, dll.Kualitas peregangan harus dilakukan dengan pelan sampai terasa terjadi proses peregangan pada bagian otot dan persendian yang dilatih. Hindari melakukan gerakan sentak, yang dapat menyebabkan rasa sakit pada otot atau persendian.

2.Program latihan senam

Bentuk latihan senam peregangan untuk seluruh bagian tubuh dan persendian juga harus mendapatkan perhatian.Pada latihan peregangan hendaknya diselingi dengan gerakan untuk memperkuat tubuh bagian atas dan bawah yang dilakukan secara bergantian.Banyak sekali gerakan senam yang bisa Anda terapkan.

3.Program latihan lari

Program latihan lari sangat penting dan baik untuk mengasah kemampuan kerja jantung, paru paru, dan kekuatan tungkai. Membiasakan pemain berlatih lari selama minimal 30 menit  tanpa berhenti, yang dilakukan 3-4 kali seminggu, sangat baik untuk membina kemampuan daya tahan aerobik dan kebugaran umum pemain.

4.Latihan loncat tali

Bentu latihan ini sangat baik untuk membina daya tahan, kelincahan kaki, dan kecepatan serta melatih kemampuan gerak pergelangan tangan lebih lentur dan kuat. Proses latihan dapat dilakukan dengan loncat satu kaki secara bergantian (seperti lari biasa), loncat dua kaki, dan masih banyak bentuk variasinya.Anda bisa membeli alat loncat tali di toko olahraga,atau Anda juga bisa membuatnya sendiri agar lebih irit.

5.Program untuk latihan gabungan

Sistem pelatihan ini adalah menggunakan berbagai alat bantu seperti bangku, gawang ukuran kecil, tiang, tongkat, tali, bola, dan sebagainya. Tujuan latihan ini adalah membina dan meningkatkan kamampuan dan keterampilan gerak pemain sebagai upaya untuk pengkayaan gerak. Pelatih harus cermat dan terampil menciptakan rangkaian gerak yang ada hubungannya dengan gerakan-gerakan dalam permainan bola voli, di samping memberikan prioritas pada pembinaan aspek-aspek kelincahan, kegesitan, dan koordinasi gerak yang memang dibutuhkan dalam bola voli.

6.Gerakan pendinginan

Nah,gerakan pendinginan banyak diabaikan oleh para emain.Hal ini sangat penting,untuk mengembalikan otot-otot biar rileks. Bentuk latihannya adalah senam dan gerakan meregang. Kualitas latihan meregang, khususnya untuk otot besar seperti paha belakang dan depan, ping-gang, punggung, otot lengan, bahu, dada, dan berbagai persendian tubuh, harus dicermati betul. Lakukan gerakan pendinginan ini dengan benar.

Nah,demikianlah cara untuk mempersiapkan kondisi fisik para pemain bola voli.Mempersiapkan kondisi fisik menjelang permainan memang sangatlah penting,agar Anda lebih siap untuk menjalani pertandingan.Semoga bemanfaat.
Author Profile

About wahyu wibowo

Saya adalah Blogger pemula,yang butuh saran dan kritik dari pembaca skalian agar blog ini lebih maju dan recomen.

0 Komentar 6 Cara Mempersiapkan Kondisi Fisik Pemain Bola Voli

Posting Komentar

Back To Top